Kamis, 05 Agustus 2010
Pesta Perayaan Transfigurasi Tuhan, Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus
6 Agustus Pendahuluan
Hari raya Transfigurasi Tuhan kita, Allah dan Juruselamat Yesus Kristus dirayakan setiap tahun pada tanggal 6 Agustus. Pesta memperingati atau metamorfosis transfigurasi Kristus di atas gunung Tabor, ketika Tuhan kita muncul dalam kemuliaan ilahi-Nya sebelum Rasul Petrus, Yakobus, dan Yohanes.
Cerita Alkitab
Acara dari Transfigurasi dicatat dalam tiga dari empat Injil: Matius 17:1-9, Markus 9:2-8, dan Lukas 9:28-36. Yesus mengambil Rasul Petrus, Yakobus, dan Yohanes dengan-Nya sampai di sebuah gunung, dan sementara mereka berada di gunung Yesus berubah rupa. wajah-Nya bersinar seperti matahari, dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau.
Musa dan Elia muncul dengan Kristus, berbicara kepada-Nya. Petrus menyatakan bagaimana baik itu untuk mereka berada di sana dan menyatakan keinginan untuk membangun tiga bilik untuk Musa, Elia, dan Kristus. Hal ini mengacu pada stand bisa berarti bahwa ini terjadi selama waktu perayaan Hari Raya Tabernakel ketika orang Yahudi akan Kemping di ladang untuk panen anggur, karena ini telah mengakuisisi Perayaan asosiasi lain dalam perjalanan sejarahnya, termasuk memori dari pengembaraan di padang gurun dicatat dalam kitab Perjanjian Lama Keluaran.
Sementara Petrus berbicara, awan yang terang menaungi mereka. Sebuah suara datang dari awan berkata, "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia." Ketika para murid mendengar itu, mereka jatuh di wajah mereka penuh dengan kagum. Yesus datang kepada mereka dan mengatakan kepada mereka untuk tidak takut. Ketika tiga mendongak mereka melihat hanya Yesus.
Ketika Yesus dan murid-murid-Nya datang menuruni gunung, Ia memberitahu mereka untuk tidak berbicara tentang apa yang mereka lihat sebelum Dia bangkit dari antara orang mati.
Ikon dari perayaan tersebut
Dalam ikon hari raya Transfigurasi, Kristus adalah tokoh sentral (1.), Muncul dalam posisi dominan dalam mandorla melingkar. Dia adalah jelas di pusat visual dan teologis dari ikon. tangan kanan-Nya dibesarkan di berkat, dan tangan kirinya berisi gulungan. The mandorla dengan warna brilian yang putih, emas, dan biru mewakili kemuliaan dan cahaya ilahi. Lingkaran sekitar kepala Kristus adalah bertuliskan kata-kata Yunani O pada, berarti "The One Siapa". 1. Kristus muncul di tengah berkat ikon dengan tangan kanan-Nya dan mengenakan jubah putih terang (detail).
Elia (2) dan. Musa (3.) Berdiri di atas puncak gunung yang terpisah ke kiri dan kanan Kristus. Mereka membungkuk ke arah Kristus dengan tangan kanan mereka dibesarkan di sebuah sikap syafaat kepada-Nya. Santo Yohanes Krisostomus menjelaskan kehadiran kedua ayah dari iman dari Perjanjian Lama dalam tiga cara. Ia menyatakan bahwa mereka mewakili Hukum Taurat dan kitab para nabi (Musa menerima Hukum dari Tuhan, dan Elia adalah nabi yang besar); mereka berdua mengalami visi Allah (Musa di Gunung Sinai dan Elia di Gunung Karmel), dan mereka mewakili hidup dan yang (mati Elia, yang hidup, karena ia diangkat ke surga dengan kereta api, dan Musa, orang mati, karena ia mengalami kematian).
2. Nabi Elia, muncul di sisi Kristus kanan (detail).
3. Musa, yang terlihat memegang Sepuluh Perintah Allah, muncul di sisi kiri Kristus tangan (detail).
Di bawah Kristus adalah tiga rasul, yang oleh sikap mereka dalam acara ikon respons mereka terhadap transfigurasi Kristus (4.). James telah jatuh ke belakang dengan tangan di atas matanya. John di pusat telah jatuh bersujud. Petrus adalah berlutut dan mengangkat tangan kanannya ke arah Kristus dalam gerakan yang mengungkapkan keinginannya untuk membangun tiga bilik. Pakaian Para Rasul berada dalam keadaan kacau untuk menunjukkan dampak dramatis telah memiliki visi mereka. 4. Ketiga Rasul yang menemani Kristus kepada moutain, Petrus, Yohanes, dan Yakobus, bereaksi terhadap visi Transfigurasi Kristus.
5. Pakaian Para Rasul berada dalam keadaan kacau (detail). 6. Rasul Yakobus bereaksi terhadap visi dengan jatuh ke tanah dan mencoba untuk menutup matanya (detail).
Ikon dari perayaan itu mengarahkan perhatian kita terhadap peristiwa dari Transfigurasi dan khusus untuk kemuliaan Allah yang diwahyukan dalam Kristus. Acara ini datang pada titik kritis dalam pelayanan Tuhan kita, sama seperti Dia menetapkan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Ia segera akan mengalami penghinaan, penderitaan, dan kematian dari Salib. Namun, cahaya mulia kiamat itu kepada murid-murid-Nya untuk memperkuat pengadilan bahwa mereka akan segera pengalaman.
Pesta juga menunjukkan Kedatangan Kedua yang besar dan mulia Tuhan kita dan pemenuhan Kerajaan Allah ketika semua ciptaan akan berubah dan dipenuhi dengan cahaya.
Kristen Ortodoks Perayaan Pesta Transfigurasi
Pesta ini dirayakan Tuhan kita dengan Ilahi Liturgi Santo Yohanes Krisostomus, yang dilakukan pada hari raya itu dan didahului oleh layanan Ibadat Matin. A Great Vesper dilakukan pada malam sebelum hari raya itu. pembacaan Kitab Suci untuk hari raya Transfigurasi adalah sebagai berikut: Pada Vesper: Keluaran 24:12-18, 33:11-23, 34:4-6, 8; Raja-Raja 19:3-9, 11-13, 15 - 16. Pada Orthros (Ibadat Matin): Lukas 9:28-36. Pada Liturgi Suci: II Petrus 1:10-19, Matius 17:1-9. Nyanyian Rohani dari perayaan tersebut
Apolytikion (Nada Makam) Kau dimuliakan di Bukit, Kristus Allah mengungkapkan kemuliaan-Mu kepada murid-murid Anda, sejauh mereka bisa memahami. Menerangi kami yang berdosa ini juga dengan cahaya abadi Anda, melalui Syafaat Theotokos. Pemberi cahaya, kemuliaan kepada Anda.
Kontakion (Nada Makam) Kau dimuliakan di atas gunung itu, ya Kristus Tuhan kita, dan murid-murid Anda, sejauh mereka tahan, dilihatnya kemuliaan-Mu. Jadi, ketika mereka melihat Anda disalibkan, mereka dapat memahami keinginan Anda secara sukarela, dan menyatakan kepada dunia bahwa Anda benar-benar cahaya dari Bapa.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar